BP3K Samigaluh Selalu Berbenah untuk Menjadi Yang Terbaik

Jumat, 04 Oktober 2013

Manunggal Fair 2013




Seluk Beluk Manunggal Fair 2013
Ruang Pamer Produk Kecamatan Samigaluh
(Oleh : Tim BP3K Samigaluh)

Manunggal Fair adalah salah satu acara pameran yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Kulon Progo sebagai sarana pengenalan produk masyarakat. Pameran ini diselenggarakan pada tanggal 27 September sampai dengan 6 Oktober 2013 bertempat di sekitar alun – alun kota Wates. Pemerintah daerah menyediakan banyak ruang pamer untuk masyarakat Kulon Progo yang ingin ikut serta dalam Manunggal Fair. Ruang pamer tersebut disediakan untuk instansi pemerintah, kecamatan, pihak swasta maupun masyarakat umum yang telah mendaftarkan pada panitia Manunggal Fair.
Salah satu ruang pamer di Manunggal Fair ditempati oleh kecamatan Samigaluh dengan tanggung jawab sepenuhnya diserahkan pada BP3K Samigaluh. Ruang pamer kecamatan Samigaluh yang memiliki luas 9 m2 ini berisi produk – produk hasil pertanian baik hasil segar maupun olahan yang berasal dari Samigaluh. Beberapa contoh hasil pertanian adalah bermacam umbi – umbian (suweg, gembolo, gembili,dll), bermacam keripik dari bahan lokal (daun pegagan,ubi ungu,singkong,jagung ,dll), gula aren, benih tanaman, bunga krisan, kerajinan topeng, dan masih banyak lainnya. Pameran yang akan berlangsung selama 9 hari ini diharapkan dapat memberikan pendapatan bagi masayarakat yang menjual produknya, tidak terkecuali produk dari kecamatan Samigaluh.
 
Produk Pupuk Kelompok Ternak Samigaluh

Dalam rangka mengisi ruang pamer ini, BP3K kecamatan Samigaluh menggandeng forum Kelompok Wanita Tani (KWT) se – kecamatan Samigaluh untuk bekerjasama. Forum KWT Samigaluh yang diketuai oleh Asih Istikomah telah mampu menghasilkan produksi olahan pangan dari bahan baku lokal seperti umbi – umbian dan dedaunan yang diolah menjadi keripik. Sampai tanggal 2 Oktober 2013 jumlah pendapatan yang diperoleh dari ruang pamer adalah sejumlah Rp.1.500.000,- yang sebagian kecil  akan jadi pemasukan bagi forum KWT Samigaluh setelah Manunggal Fair berakhir. (RD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar